Selasa, Juni 25, 2024

Posyandu Desa Lohgung Kabupaten Lamongan Masuk Nominasi Bangga Kencana Tingkat Jatim

Must read

Posyandu Teratai Desa Lohgung Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan dinyatakan masuk menjadi nominasi dalam lomba Posyandu Sehat Lestari Berencana (Bangga Kencana) yang diselenggarakan Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Jawa Timur.

“Pagi ini kita hadir disambut Bapak Bupati untuk menindaklanjuti hasil penilaian yang sudah disampaikan di Provinsi dan saat ini kami mau cek langsung ke lapangan karena posyandunya ini masuk nominasi 3 besar. Mudah-mudahan sesuai dengan apa yang disampaikan kemarin dan semoga PKK Lamongan lebih maju, Kabupaten Lamongan semakin baik,” ucap Ulfa Harsono, Ketua Tim Penilai Bangga Kencana Provinsi Jawa Timur saat melakukan Kunjungan Lapangan di Guest House Lamongan, Selasa (9/5).

Mendengar kabar membanggakan tersebut, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengungkapkan, bahwa capaian ini seiring dengan peningkatan SDM yang semakin sadar akan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, termasuk berbagai dukungan dan fasilitas yang diberikan Pemkab Lamongan untuk posyandu.

“Capaian pembangunan sektor kesehatan tahun 2022 terus mengalami tren postif, seperti Indeks Pembangunan Manusia sebesar 74,02, Usia Harapan Hidup di angka 72,86 dan Indeks Kesehatan pada angka 0,813. Bahkan melalui Perbup nomor 6 tahun 2023 tentang pengelolaan dana desa setiap desa harus mengalokasikan dananya untuk posyandu,” tutur Bupati Lamongan.  

Berbagai dukungan juga mengalir untuk peningkatan 1.749 posyandu di Kabupaten Lamongan, seperti fasilitas mobil sehat yang telah disalurkan ke 474 desa dan kelurahan di Kabupaten Lamongan, 5.247 unit sepeda yang diberikan kepada kader (masing-masing 3 unit per posyandu), insentif kader, alat permainan edukatif serta pelatihan kader untuk meningkatkan kualitas pelayanan posyandu.

“Berbagai fasilitas dan pelatihan ini terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan posyandu di Lamongan. Dimana salah satunya Posyandu Teratai desa Lohgung yang terbukti mengukir prestasi menjadi juara 1 Lomba Posyandu tingkat Kabupaten Lamongan” imbuhnya.

Secara terpisah, Ketua TP PKK Kabupaten Lamongan Anis Yuhronur Efendi menuturkan, berbagai inovasi dilakukan untuk mendukung kegiatan Posyandu Teratai diantaranya adalah Bantuan CSR, YANDU MAPAN (pelaYANan posyanDU MAsa PANdemi), SIP LOH (Sistem Informasi Posyandu online Desa Lohgung), SI TERANG (NaSI Tem, tEri bintANG), dan Pengembangan SOTH (Sekolah Orang Tua Hebat).

“Setelah menjadi juara 1 posyandu tingkat kabupaten kini Posyandu Teratai mewakili Kabupaten Lamongan di tingkat Jatim dan sampai sejauh ini masuk 3 besar. Semoga bisa juara pertama,” pungkasnya. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article