Goa Gong merupakan salah satu tempat wisata yang berlokasi di Jawa Timur. Sekarang ini, Goa bukan lagi tempat yang gelap dan menyeramkan, akan tetapi justru menjadi lokasi wisata yang apik dan menarik untuk dikunjungi.

Di sisi lain, Jawa Timur terkhusus Pacitan, dikenal dengan kota yang memiliki banyak sekali Goa, bahkan mendapat julukan dengan ‘Kota 1001 Goa’. Goa Gong merupakan salah satu yang cukup terkenal. Konon, Goa yang satu ini pertama kali ditemukan pada tahun 1930. Saat itu, sedang terjadi musim kemarau berkepanjangan yang membuat masyarakat Pacitan sulit untuk mendapatkan air.

Hal ini lah yang kemudian membuat dua orang warga yakni Mbah Noyo Semito dan Mbah Joyo pergi untuk mencari sumber mata air. Hingga pada akhirnya, perjalanan mereka tiba di sebuah lubang dan mereka pun menelusurinya.

Tak disangka, lubang tersebut ternyata cukup dalam hingga perjalanan mereka harus menghabiskan sebanyak 7 obor hingga menemukan sumber mata air dalam sana. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Goa Gong, yuk intip informasinya berikut ini.

Goa Gong berlokasi di Jl. Salam, Salam, Bomo, Kec. Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Layaknya tempat baru yang diberi nama, penamaan Goa Gong diambil dari misteri yang menyelimuti tempat ini. Konon, di malam hari masyarakat sekitar Goa sering kali mendengar suara tabuhan yang mirip dengan gong (alat musik).

Sebagai objek wisata, ada banyak daya tarik yang ditawarkan oleh Goa Gong. Yuk intip apa saja yang bisa anda temui jika datang ke wisata ini:

1. Keindahan Stalaktit dan Stalagmit

Sebelumnya telah disinggung bahwa di dalam Goa Gong, anda akan dibuat takjub dengan keindahan Goa yang dilengkapi dengan lampu warna-warni hingga terlihat jelas memukaunya stalaktit dan stalagmit.

Stalagmit merupakan batuan yang berbentuk lancip dengan ujung mengarah ke atas sedangkan stalaktit adalah batuan yang runcing dan berlubang-lubang lancip dengan ujungnya mengarah ke bawah.

Varian bentuknya yang memukau membuat wisatawan akan dibuat terpesona dengan bentuk alamiah batuan yang ada di dalam goa. Belum lagi lampu warna warni yang menerangi seluruh bagian goa yang memiliki panjang 256 meter.

2. Lokasi yang Sejuk dan Asri

Sebagai salah satu tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam yang asri, Goa Gong memiliki suasana sejuk dan juga nyaman. Sebelum tiba di Goa, anda akan disuguhkan dengan pemandangan pepohonan rindang di kanan kiri yang akan membuat suasana lebih adem.

Tentunya suasana alam akan membuat anda refresh sejenak usai penat dengan aktivitas sehari-hari. Sementara itu, di dalam Goa sendiri juga dipasangi blower dan penyejuk. Namun apabila pengunjung yang masuk cukup banyak, akan sedikit membuat tempat ini terasa pengap dan panas.

3. Dekat dengan Pantai Klanyar

Lokasi wisata Goa yang satu ini rupanya searah dengan destinasi wisata Pantai Klanyar. Hanya berkisar 20 menit saja jarak antara keduanya. Anda juga bisa nih, jika baru saja mengunjungi Pantai Klanyar, kemudian mampir ke Goa ini.

Begitu pun sebaliknya, jika sudah puas dengan wisata Goa, bisa menuju pantai untuk merasakan sensasi liburan yang lainnya. Di Pantai Klanyar juga tentunya ada banyak aktivitas menarik yang bisa anda temukan. Misalnya saja menikmati pemandangan alam yang indah, bermain pasir hingga menikmati sunset di sore hari.

4. Aneka Kios Makanan dan Souvenir

Di sekitaran Goa, ada banyak kios yang menjajakan aneka jenis makanan sebagai solusi jika perut anda lapar. Mulai dari makanan ringan hingga berat, anda bisa coba satu persatu. Harganya pun cukup terjangkau. Selain itu, ada pula souvenir yang menarik perhatian.

Salah satu yang dikenal disini ada pasar Batu Akik yang menawarkan ragam varian warna dan bentuk batu akik yang mempesona.

Harga Tiket dan Jam Buka Goa Gong

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi Goa Gong, anda bisa mengunjungi tempat ini sesuai dengan waktu yang anda miliki. Sebab, destinasi wisata ini buka setiap hari lho. Jadi untuk anda yang tidak bisa datang di akhir pekan, bisa juga datang di saat weekday. Jam bukanya yakni mulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB.

Sementara untuk harga tiket masuknya, anda dikenakan biaya Rp20.000 untuk orang dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak. Jika membawa kendaraan pribadi, maka akan dikenakan tarif Rp2.000 untuk mmotor dan Rp5.000 untuk mobil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here