Senin, Juli 22, 2024
spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Siapkan Kedaulatan Pangan, Wamentan Ajak Sinergi Pemerintah Kabupaten Lamongan.

Berkunjung di kabupaten Lamongan Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi Di dampingi oleh bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengatakan Kementerian Pertanian Republik indonesia tengah berupaya meningkatkan produksi jagung nasional dengan memulai kembali penanaman jagung di awal musim penghujan, salah satunya dengan cara bersinergi dengan pemerintah daerah  untuk menggalakan padi dan jagung dalam menyiapkan ketahanan pangan. 

“Kita harapkan dukungan Pemerintah Daerah, Pak Bupati, Pak Wabup, Forkopimda, UPT-UPT Jawa Timur untuk memberikan edukasi kepada masyarakat program-program yang memang bisa kita lanjutkan, kita maksimalkan, agar ketahanan pangan ini tidak terganggu terhadap kedaulatan ke depan,” Selasa (6/2).

Senada dengan hal ini Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menegaskan bahwa produksi jagung di Kabupaten Lamongan tahun 2023 mencapai 562.000 ton. Sementara, produksi padi mencapai 1.100.000 ton. Hal ini menempatkan Lamongan sebagai lumbung pangan Jawa Timur maupun nasional. Dengan nilai tukar petani (NTP) mengalami peningkatan dari 114% tahun 2022 naik menjadi 116% di tahun 2023. 

“Produksi jagung Kabupaten Lamongan termasuk bagian terbesar untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat di Jawa Timur ini khususnya. Jagung dengan 562.000 Ton di tahun 2023 ini menunjukkan bahwa Kabupaten Lamongan dengan 33% PDRBnya dikontribusikan dari sektor pertanian.” Sahutnya