Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati tiap tanggal 12 November atau tepat pada Sabtu. Berikut sejarah tentang Hari Kesehatan Nasional, tema, serta 6 transformasi bidang kesehatan yang akan dilakukan.

Sejarah Hari Kesehatan Nasional 12 November

Dikutip dari situs Kementerian Kesehatan RI, kemkes.go.id, yang diakses pada Jumat (11/11), Hari Kesehatan Nasional pertama kali diperingati pada 12 November 1964. Peringatan tersebut untuk merayakan keberhasilan memberantas wabah malaria saat itu.

Pada era tahun 50-an, penyakit malaria banyak diderita masyarakat indonesia. Malaria saat itu merenggut ratusan ribu jiwa. Untuk memberantas malaria di seluruh penjuru tanah air, pemerintah membentuk Dinas Pembasmian Malaria pada 1959.

Pada Januari 1963, dinas itu berganti nama menjadi Komando Operasi Pemberantasan Malaria (KOPEM). Pembasmian malaria dilakukan dengan menggunakan insektisida Dichloro Diphenyl Trichloroethane (DDT).

Kegiatan penyemprotan DDT juga dibarengi dengan memberikan penyuluhan tentang kesehatan kepada masyarakat. Lima tahun kemudian, sekitar 63 juta penduduk telah mendapat perlindungan dari penyakit malaria.

Sejak itulah tanggal 12 November 1964 diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN) pertama.

Tema Hari Kesehatan Nasional 2022

Dikutip dari situs sehatnegeriku.kemkes.go.id, peringatan Hari Kesehatan Nasional atau HKN ke-58 pada 12 November 2022 mengangkat tema “Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku”.

Tema ini mengandung semangat dan harapan setelah pandemi COVID-19 melanda Indonesia.

“Kita ingin menunjukkan pada saat kondisi terburuk kita harus bangkit kembali, harus pulih kembali. Kalau kita bangkit maka ekonomi juga akan kembali meningkat,” kata Sekertaris Jenderal Kementerian Kesehatan, pada Jumat (11/11/2022).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here