Sabtu, Mei 25, 2024

Lamongan Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Must read

Guna memperingati kelahiran falsafah dasar dan ideologi bangsa (Pancasila), Pemerintah Kabupaten Lamongan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada Kamis (1/6) di Alun-alun Lamongan. Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyampaikan amanat Presiden RI untuk senantiasa mengamalkan nilai Pancasila sebagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan Bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan bangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati Bangsa Indonesia,” Bupati Lamongan membacakan amanat Presiden Joko Widodo.

Beliau juga menyampaikan bahwa kekuatan pancasila dan kekuatan bangsa terbukti dengan keberhasilan terlewatinya krisis pandemi. Melalui kekuatan ini pula akan dapat terwujud Indonesia emas 2045 dan impian Indonesia 2085. Beliau juga mengajak untuk bersama mensukseskan Pemilu 2024, dan bergotong-royong menurunkan angka stunting di Indonesia, yang mana hal ini merupakan kerja nyata pembumian Pancasila dan pengaktualisasian nilai-nilai luhur Pancasila.

“Pada Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 ini, marilah kita bergotong-royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan, dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Mari kita berkomitmen bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tambahnya.

Mengakhiri amanat, Bupati Lamongan menyampaikan bahwa Presiden Jokowi kembali mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 

“Semoga melalui Peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi,membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article