Untuk menguatkan rasa cinta dan melestarikan cagar budaya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan mengajak kaum muda Lamongan melakukan jelajah museum dan cagar budaya, Rabu (23/11/2022).

Kali ini, kegiatan jelajah digelar dengan mengunjungi dua lokasi bersejarah yang berada di Kecamatan Paciran. Dua lokasi tersebut yaitu Museum Sunan Drajat di Desa Drajat dan Makam Sunan Sendang di Desa Sendangduwur.

Kegiatan jelajah ini diikuti oleh 50 peserta yang meliputi Finalis Yak-Yuk Lamongan, influencer, selebgram, insan jurnalis, dan lainnya. Mereka didampingi oleh Kasi Sejarah dan Kepurbakalaan, Disparbud Lamongan, Edy Suprapto beserta staf.

Di Museum Sunan Drajat yang dibangun tahun 1992 itu, para peserta disuguhkan sekitar 691 koleksi benda-benda bersejarah. Sedangkan di Makam Sunan Sendang, peserta dapat melihat bangunan tua seperti gapura bentar, gapura paduraksa, sumur paidon, sumur giling, dan masjid tiban setempat.

Kepala Disparbud Lamongan, Siti Rubikah menyampaikan bahwa kegiatan jelajah ini bertujuan untuk mempromosikan, melestarikan cagar budaya dan memperkuat identitas budaya. Dengan begitu, pemahaman dan pengetahuan kawula muda tentang sejarah dan cagar budaya pun semakin meningkat.

Secara rinci, Rubikah menjelaskan, para kawula muda Yak-Yuk Lamongan yang mengikuti kegiatan jelajah ini diedukasi secara mendalam tentang nilai sejarah, peradaban tempo dulu, perjuangan para tokoh terdahulu, kesenian, hingga benda, situs, dan ajaran yang saat ini masih terjaga.

Tak cukup itu, tutur Rubikah, para peserta kegiatan jelajah ini nantinya juga diharapkan mampu membuat sketsa, menulis artikel, sampai story telling mengenai cagar budaya. Kemudian, apa yang mereka dapatkan itu disebarluaskan melalui media sosial mereka masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here