Hari Ikan Nasional diperingati setiap tahun pada tanggal 21 November berbarengan dengan Hari Perikanan Sedunia.

Hari Ikan Nasional ditetapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2014 tertanggal 24 Januari 2014.

Penetapan Hari Ikan Nasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi.

Mengonsumsi ikan secara rutin dipercaya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dan mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional.

Selain itu, sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki potensi perikanan yang perlu dimanfaatkan secara optimal dan lestari.

Indonesia sebagai negara kepulauan, memiliki potensi perikanan yang harus dimanfaatkan secara optimal dan lestari untuk bangsa, terutama dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional.

Melimpahnya ikan di Indonesia perlu kita syukuri. Termasuk dengan memanfaatkannya sebagai bahan konsumsi dalam negeri.

Ikan sangat sehat dan mengandung banyak protein yang baik bagi tubuh kita.

Jangan sampai manfaat ikan hanya dirasakan orang luar yang mengimpor ikan dari Indonesia, namun bangsa sendiri lupa menikmatinya.

Karena negara kepulauan sehingga pemerintah membuat regulasi terkait pemanfaatan sumberdaya kelautan/perikanan seperti Peraturan Pemerintah No 54 Tahun 2002 tentang Usaha Perikanan dan UU Nomor 32 Tahun 2007 tentang Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup; UU No 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil.

Adanya peraturan yang mengatur pengeloaan potensi kelautan dan perikanan, diharapkan dapat menjaga lingkungan dari kerusakan akibat eksploitasi yang tidak bertanggungjawab.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini