Berbeda dengan rujak-rujak lain, rujak ini memiliki racikan yang khas yakni selain rasa manis dan pedas sebagaimana rujak lain, pada Rujak Paciran juga memiliki rasa rasa asin yang berasal dari petis ikan lho.

Petis ikan ini diproduksi oleh penduduk lokal yang juga mayoritas bermatapencaharian sebagai nelayan. Cara pembuatannya berasal dari sisa air rebusan ikan yang direbus kembali dan diaduk hingga mengental.

Karena rasa dan racikannya yang khas, Rujak Paciran digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, baik masyarakat lokal maupun mereka yang datang dari luar daerah.

Salah satu penjual Rujak Paciran yang legendaris yakni Rujak “Mak Tas” yang berlokasi di Jalan Raya Paciran, tepatnya di sebelah barat Pasar Desa Paciran.

Harga Rujak di warung ini tergolong murah meriah, yakni Rp. 5 ribu per porsi.

Untuk kalian para penggemar makanan pedas, jangan khawatir ya, Rujak “Mak Tas” menyediakan tingkat kepedasan yang sesuai selera, mulai dari level 0 sampai 5.

Oh ya Sobat, Rujak Paciran merupakan bukti bahwa keanekaragaman potensi kuliner di Lamongan begitu luar biasa. Karenanya, Kuliner menjadi salah satu sub-sektor ekonomi kreatif unggulan di Kabupaten Lamongan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini