Sunan Drajat memiliki peninggalan bersejarah yang sarat akan nilai budaya dan leluhur. Seluruh peninggalannya kini telah tersimpan di Museum Sunan Drajat Lamongan. Lokasinya terletak di kompleks pemakaman Sunan Drajat di Desa Drajat, Kecamatan Paciran.

Museum itu menyimpan puing-puing masa lampau jaman syiar Islam Sunan Drajat atau yang terkenal dengan nama Raden Qosim.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Siti Rubika mengungkapkan museum yang dibangun pada tahun 1992 lalu itu terdapat sekitar 691 koleksi peninggalan.

“Ada kitab-kitab seperti Amjah, Alquran kuno kulit, naskah lontar. Juga ukiran struktur bangunan Sunan Drajat, fosil keramik, Pedang Sunduk, dan lain sebagainya,” ungkap Rubika.

Selain itu juga ada Singo Mengkok, atau hewan mitologi yang konon menjadi simbol yang terukir dalam alat musik gamelan.

Di masa lampau, kata Rubika, gamelan tersebut menjadi alat dakwah Sunan Drajat yang digunakan untuk mengiringi nyanyian atau tembang. Tembang tersebut adalah tembang pangkur.

“Itu hanya bagian kecil, masih banyak lagi yang perlu di ketahui oleh khalayak luar. Sudah tertata rapi di museum, silahkan kunjungi bagi para wisatawan,” ungkap Rubika.

Rubika menyebut bahwa di wilayah kompleks Sunan Drajat tersebut masih banyak menyimpan barang cagar budaya peninggalan Sunan Drajat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here