Dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional, Sabtu (6/8) Pemerintah Kabupaten Lamongan menyelenggarakan kegiatan Gebyar Hari Anak Nasional di Alun-alun Kota Lamongan. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memberikan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

Mengambil tema Anak Terlindungi Indonesia Maju, kegiatan ini diikuti oleh anak-anak dari berbagai wilayah di Kabupaten Lamongan. Bupati Yuhronur Efendi pada kesempatan tersebut mengajak seluruh pihak, untuk bersama-sama menciptakan iklim yang baik bagi tumbuh kembang anak di Lamongan.

“Mari kita semuanya selalu mendukung dan menciptakan kondisi yang kondusif bagi tumbuh kembangnya anak, mari kita jaga agar anak-anak Lamongan menjadi generasi emas yang sukses,” ajak Bupati Lamongan.

Seperti diketahui, Kabupaten Lamongan beberapa waktu yang lalu telah menerima penghargaan sebagai kabupaten layak anak kategori nindya dari Kementerian PPPA (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak). Hal tersebut dapat tercapai berkat kolaborasi semua pihak, yang memiliki komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi anak.

Untuk terus dapat melaksanakan komitmen memberikan kenyamanan dan perlindungan pada anak, Bupati Lamongan juga meminta orang tua dan anak, seluruh masyarakat, untuk lebih terbuka terkait permasalahan dan kekerasan pada anak.

“Tidak sedikit permasalahan yang menyasar anak, untuk mengantisipasi terjadinya kekerasan maupun tindak asusila pada anak, mari mulai terbuka, berani melapor, agar dapat didampingi, dicarikan solusi, ditangani secara menyeluruh dengan hukum juga,” kata Bupati Lamongan.

Beliau juga tak henti-hentinya mengajak kolaborasi semua masyarakat untuk mencegah kasus kekerasan anak di Lamongan agar tidak semakin berkembang. “Tentu kami juga memberikan persiapan dengan memperkuat lembaga terkait, mempersiapkan beberapa infrastruktur, sosialisasi, pengetahuan, baik pada masyarakat, kepada orang tua, maupun kepada anak. Hal ini salah satu langkah kami untuk mencegah agar kasus-kasus kekerasan pada anak ini tidak berkembang. Yang paling penting mari kita lebih terbuka lagi, sehingga dalam penanganan kasus, kami bisa turut serta menyelesaikan dan memberi solusi bagi masyarakat,” imbuhnya.

Terkait Gebyar Hari Anak Nasional Kabupaten Lamongan, Ketua Panitia Hari Anak Nasional Lamongan M. Fakhrudin Ali Fikri melaporkan bahwa sebelumnya juga telah dilaksanakan berbagai kegiatan, diantaranya yakni lomba olahraga tradisional, vlog dengan tema jika menjadi bupati Lamongan, juga lomba menulis surat untuk Bupati Lamongan dengan 10 surat terpilih akan dinilai langsung oleh beliau untuk kemudian diambil 3 terbaik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini