Kabupaten Situbondo tak hanya memiliki Taman Nasional Baluran sebagai objek wisata yang menariknya. Wilayah yang cukup dekat dengan tepi laut itu memiliki sejumlah pantai yang indah. Salah satunya adalah Pantai Sijile.

Pantai Sijile yang berada di kawasan wisata Merak Baluran Situbondo itu termasuk pantai indah yang masih belum banyak terjamah karena akses yang sulit. Namun, saat ini telah ada infrastruktur jalan yang membelah kawasan Taman Nasional Baluran.

“Kalau sebelumnya Pantai Sijile masih relatif sulit dijangkau karena ketiadaan infrastruktur yang layak, maka setelah diresmikan harus siap-siap kebanjiran wisatawan. Baik lokal maupun mancanegara,” kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa usai mengunjungi Pantai Sijile, Senin, 9 Januari 2023.

Jalan yang telah selesai dibangun itu menghubungkan Dusun Sidomulyo ke Dusun Dusun Labuhan Merak, Desa Sumberwaru.

Jalan yang mampu menahan beban hingga 5 ton tersebut memiliki panjang 10 kilometer dan lebar 3 meter serta bahu jalan satu meter.

Khofifah pun menyebut pantai Sijile ini sangat indah dan potensinya bisa dinikmati oleh wisatawan.

“Pantai Sijile ini indah sekali, terumbu karang yang menjadi rumah bagi ikan dan berbagai biota laut lainnya pun masih terjaga dengan baik,” kata Khofifah.

Selain itu, menurut Khofifah, pantai ini tenang dan tak tak terlalu dalam sehingga cocok untuk berenang maupun wisata air lainnya. Pantai Sijile pun panorama yang masih sangat alami.

“Jadi bagi masyarakat Jawa Timur yang berkunjung ke Situbondo harus mampir menikmati keindahan Pantai Sijile,” kata Khofifah.

Selain Pantai Sijile, Khofifah menyebut Situbondo memiliki pantai lain yang indah dan masih perawan, bahkan terhubung satu sama lain. Ia pun akan meningkatkan aksesibilitas infrastruktur wisata yang ada di Situbondo.

“Pembangunan infrastruktur akan dilakukan secara bertahap, harapannya jika sektor pariwisata semakin berkembang maka kesejahteraan masyarakat sekitar pun akan meningkat,” kata Khofifah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini