Sabtu, Mei 25, 2024

Festival Musik Tradisional Tongklek Lamongan Berlangsung Sangat Meriah Di Paciran

Must read

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) kabupatenLamongan, bekerjasama dengan Komunitas Ginyo Lamongan dan Lesbumi NU Paciran menggelar Festival Musik Tradisional Tongklek, yang di laksanakan di kawasan Wisata Religi Makam Sunan Drajat Paciran, Minggu malam (22/10/2023).

Acara festival musik tradisional tongklek tersebut berjudul “Eksistensi Tradisi dan Budaya untuk Merawat Bumi” yang digelar dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional.

Sekretaris Disparbud kabupaten Lamongan, Miftach Alamuddin mengatakan bahwa selain untuk memperingati hari santri, festival ini juga bertujuan untuk mengajak para pemuda untuk menjaga tradisi musik tongklek sebagai budaya yang dilakukan oleh para pendahulu.

“Kami ingin mengajak kaum muda untuk melestarikan salah satu budaya, yaitu kesenian tongklek yang memang akrab di tengah-tengah masyarakat Pantura,” minggu (22/10)

Sebagai tambahan informasi Meski acara tersebut digelar pada malam hari, namun festival ini berlangsung begitu meriah. Sebanyak 15 grup beradu kreasi dan ketangkasan dalam memainkan beragam peralatan tradisional.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article