" />
" /> Prameswara FM - Sekitar Lamongan

Now playing

Sekitar Lamongan

Sekitar Lamongan (202)

Sebanyak 2.000 dosis vaksin booster disiapkan Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan dalam pembukaan Kick Off Vaksinasi Booster yang diselenggarakan Provinsi Jawa Timur, Rabu (12/1). Dengan menyasar lansia, masyarakat rentan penyakit dan pelayan publik, vaksinasi booster diharapkan dapat memperkuat tercapainya herd immunity di Kabupaten Lamongan.

Saat ini progress vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Lamongan telah mencapai 86,05 persen atau 915.163 orang dari total sasaran 1.063.543 orang. Untuk lansia telah mencapai 73.02 persen atau 115.642 orang dari total sasaran 158.377 orang. Sedangkan untuk anak-anak telah diberikan kepada 85.687 anak atau 79,74 persen dari total sasaran 107.452 anak.

Bertempat di Ruang Pertemuan Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama Kadis Kesehatan Lamongan dr Taufik Hidayat mengikuti Kick Off Vaksinasi Booster secara virtual yang dibuka langsung Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.  

Dalam sambutannya, Khofifah mengajak masyarakat yang sudah lengkap dosis satu dan dua untuk mengikuti vaksin booster ini. “Paling tidak enam bulan dari vaksin kedua, untuk menyegerakan diri mengambil peran dalam percepatan vaksin booster ini,” tutur Khofifah.

Gubernur Khofifah juga mengingatkan agar masyarakat tidak menganggap enteng situasi saat ini karena pandemi masih ada. Menurutnya mobilitas masyarakat yang tinggi menjadi sebab lonjakan varian omicron. Untuk itu beliau mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur untuk ambil andil dalam pemutusan rantai penularan Covid-19.

Disampaikan secara terpisah oleh Bupati Lamongan, Vaksinasi Booster di Kabupaten Lamongan sebelumnya telah dilaksanakan dengan menyasar 6.461 tenaga kesehatan dan mulai sekarang akan diperuntukkan untuk masyarakat umum dengan mendahulukan lansia, masyarakat rentan penyakit dan pelayan publik.

“Vaksinasi Booster yang diselenggarakan Pemerintah provinsi Jawa Timur ini juga dilakukan secara serentak di Dinas Kesehatan dan seluruh puskesmas di Kabupaten Lamongan. Dengan sasaran lansia, masyarakat rentan penyakit dan pelayan publik, namun karena sebagian lansia belum interval enam bulan sehingga fokus saat ini dialihkan ke pelayan publik dan lansia rentan yang telah memenuhi syarat,” pungkas Bupati Lamongan.

Perjuangan melawan penjajah memang telah usai. Namun, perjuangan untuk mempertahankan NKRI dari berbagai bentuk ancaman belum berakhir. Semangat merawat nilai-nilai  perjuangan kebhinekaan pun harus selalu berkobar termasuk  semangat menularkan nilai-nilai perjuangan kepada generasi muda sebagai generasi penerus bangsa.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat menghadiri Tasyakuran Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-65 Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan HUT Ke-41 Pemuda Panca Marga Tahun 2022, di Gedung Juang Lamongan, Rabu (12/1).

Menurut Bupati Lamongan, sapaan akrab Bupati Lamongan, semangat perjuangan para pendahulu dalam merebut kemerdekaan RI patut dijadikan inspirasi terutama para generasi milenial Lamongan sebagai generasi penerus bangsa.

“Kita harus merawat nilai-nilai perjuangan, semangat perjuangan yang telah dilakukan pendahulu-pendahulu kita terutama saat merebut kemerdekaan RI agar terus digelorakan dan dipelihara sehingga semangat dan nilai-nilai it uterus mengilhami dan menginspirasi bagi kita semua untuk kejayaan Indonesia umumnya dan tentu kejayaan Kabupaten Lamongan yang kita cita-citakan,” tutur Bupati Lamongan.

Senada dengan arahan Bupati Lamongan, Ketua LVRI Lamongan, Serka Suyoto saat membacakan sambutan Ketua Umum DPP LVRI Saiful Sulun mengungkapkan di usianya yang ke-65 tahun, LVRI siap menularkan semangat perjuangan kepada generasi Lamongan melalui program JSN’45.

JSN'45 merupakan singkatan dari Jiwa, Semangat dan Nilai-Nilai Juang 1945. Jiwa yang dimaksud  adalah jiwa bangsa, yang berarti kekuatan batin yang terkandung dalam nilai – nilai pandangan hidup suatu bangsa. Program yang dirintis sejak 2012 hingga sekarang ini menurut Serka Suyoto masih disosialisasikan ke seluruh elemen bangsa khususnya kalangan pendidikan sehingga menumbuhkan generasi yang memiliki karakter kebangsaan yang kuat.

Tak hanya memiliki program JSN’45, di usianya yang ke-65 tahun, LVRI juga siap mendukung dan mengamankan pembangunan nasional terutama dalam menanggulangi pandemi Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia.

“Mengingat Pandemi yang masih belum berakhir, kita harus siap mendukung upaya pemerintah dalam membasmi Covid-19 hingga tuntas. Protokol kesehatan harus melekat pada diri setiap anggota veteran, sehingga menjadi teladan bagi anak cucu kita,” pungkasnya.

Sebelumnya Bupati Lamongan bersama Ketua DPRD Kabupaten Lamongan dan Dandim 0812 melakukan ziarah dan tabur bunga di Makam Pahlawan Kusuma Negara Lamongan.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa, memberikan penghargaan kepada Kabupaten Lamongan sebagai Pembina K3 Terbaik ke 7 di Jawa Timur. Bertempat di Halaman Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur, Wakil Bupati Lamongan, Abdul Rouf, menerima secara langsung penghargaan tersebut, Rabu (12/1).

Selain itu, penghargaan  Zero Accident diberikan kepada 19 Perusahaan di Kabupaten Lamongan. Beberapa diantaranya adalah PT. Dok Pantai Lamongan, MPS Brondong KUD Minatani, RSUD dr. Soegiri, PT. Starfood International dan RSU Muhammadiyah Babat.

Sementara 15 Perusahaan meraih penghargaan  terbaik dalam Program Pencegahan dan Penanggulangan Covid 19 di tempat kerja, 7 Perusahaan terbaik dalam Pencegahan dan Penanggulangan HIV Aids di tempat kerja  dan  1 perusahaan meraih penghargaan terbaik dalam Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja yakni PT. Eastern Logistics.

Upacara Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2022 yang mengusung tema Penerapan Budaya K3 Pada Setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja  di Era Digitalisasi ini bertepatan dengan kick off vaksinasi booster bagi masyarakat Jawa Timur, Khofifah dalam sambutannya selaku inspektur upacara mengajak warga Jawa Timur untuk bisa menyegerakan diri mengambil peran dalam percepatan vaksin booster.

“Saya ingin mengajak semuanya yang telah menerima vaksin dosis 2 untuk bisa menyegerakan diri mengambil peran dalam percepatan vaksin booster ini”, Tuturnya.

Khofifah juga mengingatkan karena mobilitas masyarakat yang tinggi, maka harus menjaga pertumbuhan ekonomi dan mengupayakan agar masyarakat tetap sehat dalam pandemi covid-19 yang kini telah tersebar dengan munculnya varian baru.

“Bagaimana kita menjaga ekonomi kita tetap tumbuh tapi masyarakatnya sehat, dunia usaha tumbuh karyawannya sehat dan selamat. Upaya berseiringan inilah yang harus kita upayakan bersama dengan membangun komitmen bersama”, Tegasnya.

Banjir akibat luapan sungai Bengawan Jero yang terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Lamongan menjadi isu penting yang saat ini sedang dicari solusinya. Bupati Lamongan turut prihatin dan khawatir, karena tak hanya merendam rumah warga tetapi juga lahan tambak serta fasilitas umum.


Oleh karena itu, Selasa (11/1) Bupati Lamongan mengundang pihak Balai Besar Bengawan Sungai (BBWS) Bengawan Solo serta Dinas PU Sumber Daya Air Propinsi Jawa Timur untuk merumuskan solusi banjir Bengawan Jero, di Ruang Kerjanya.


“Banjir Bengawan Jero sampai dengan saat ini masih belum surut. Meski dari sisi bantuan sembako maupun pengobatan gratis sudah banyak yang Kami turunkan, namun pemerintah harus hadir memberikan solusi. Oleh karena itu kami di sini duduk bersama untuk merumuskan solusi, bagaimana cara menangani banjir ini,” ungkap Bupati Lamongan.


Bupati Lamongan meminta pihak-pihak yang hadir dalam pertemuan hari ini untuk gercep, gerak cepat. Sehingga rumusan solusi yang sudah dirumuskan harus segera dieksekusi.


Menurut Bupati Lamongan, hal ini adalah salah satu upaya Pemkab Lamongan untuk mengajak pihak yang mempunyai kewenangan atas Bengawan Jero menemukan solusi yang tepat untuk penanganan banjir baik dalam jangka pendek maupun panjang ke depan agar tidak terjadi banjir lagi.


Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinin Arif Bakhtiar saat ditemui terpisah menyampaikan hasil rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Bupati Lamongan serta diikuti oleh Kepala BBWS Bengawan Solo AGus Rudyanto, Kepala DPU SDA Propinsi Jawa Timur Muhammad Isa Anshori dan Kepala Divisi Jawa ASA III Perusahaan Umum Jasa Tirta Setiyantono.


“Segera akan dibentuk Tim Penanganan Banjir Bengawan Jero dari keempat pihak tersebut. Dalam jangka pendek agar air segera surut BBWS Bengawan Solo akan memberikan bantuan alat berat untuk normalisasi Kali Dinoyo pada titik kritis sepanjang 3 km. DPU SDA akan menormalisasi Rawa Semando dan Rawa Cungkup. Pemkab Lamongan sendiri akan dibantu oleh TNI, Polri dan Satpol PP untuk melakukan pembersihan alur sungai,” ungkap ARif Bakhtiar.


Sedangkan untuk jangka panjang, Arif menambahkan akan dilakukan rehabilitasi Sluis Kuro serta merealisasikan normalisasi BMCM ( Blawi, Malang, Corong, Mireng) dan DKWM (Dinoyo, Keputran, Wangen, Manyar) oleh BBWS Bengawan Solo.


“Pemkab Lamongan ke depan juga akan melakukan normalisasi saluran pompa melik (ledeng wedung) dan pompa kuro. Serta akan dilakukan review Pedoman Operasi Bendung Gerak Cascade (Bendung Gerak Bojonegoro, Bendung Gerak Babat, Pintu Air Floodway dan Bendung Gerak Sembayat) oleh Perum Jasa Tirta,” imbuh Arif Bakhtiar.

Page 1 of 51