Siap sambut kedatangan pemudik di Kabupaten Lamongan, Pemkab bersama jajaran terkait telah mempersiapkan berbagai fasilitas guna memberikan pengamanan dan pelayanan mudik yang baik. Hal tersebut dilaksanakan dengan menggelar berbagai pos, mulai pos pengamanan, pelayanan, hingga menfasilitasi pelaksanaan vaksinasi, juga tetap memberlakukan pelayanan administrasi kependudukan.

Jum’at (29/4), Irwasum (Inspektur Pengawas Umum) Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto bersama Kakor Bimas Polri Irjen Pol Suwondo Nainggolan meninjau pelaksanaan pengamanan dan pelayanan yang dilaksanakan di Kabupaten Lamongan. Kunjungan ini diterima langsung oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, bersama Kapolres AKBP Miko Indrayana, Kodim 0812 Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf, dan jajaran instansi terkait.

Diungkapkan Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto, bahwa kunjungan ini sengaja dilakukan untuk melihat secara langsung pelaksanaan operasi ketupat, khususnya di titik pos pelayanan yang ada di terminal Kabupaten Lamongan.

“Selain melaksanakan fungsi pengawasan dan Pelayanan, juga Polri bersinergi dengan pemerintah daerah, TNI, dan instansi terkait, yaitu melaksanakan vaksinasi khususnya booster untuk menjamin bahwa aktivitas mudik saudara-saudara kita sudah dilaksanakan vaksinasi ke-3,” terang Komjen Pol Agung Budi Maryoto.

Ditambahkan beliau berdasarkan informasi yang diterima, Kabupaten Lamongan telah memperoleh capaian vaksinasi dosis 1 mendekati 90 persen, dosis 2 mendekati 80 persen, dan pelaksanaan dosis 3 sudah 15 persen. “Jadi ini semua tentunya kerjasama, sinergi yang baik dari Pemerintah Kabupaten Lamongan, TNI, Polri, dan lainnya. Oleh karena itu tadi saya diarahkan selain pelayanan pengamanan, juga dilaksanakan pelayanan gerai vaksinasi kepada saudara kita baik yang lokal maupun yang akan melakukan mobilisasi mudik atau arus balik, sehingga tercapai herd immunity Kabupaten,” tambahnya.

Beliau juga berpesan, untuk para pemudik untuk jangan tergesa-gesa berkendara, serta memanfaatkan pos pelayanan dan rest area yang tergelar di sepanjang jalan untuk bisa beristirahat sejenak, sehingga dapat selamat sampai tujuan. Tidak hanya itu, beliau juga menghimbau meski tahun ini ini dapat berkarya bertemu dengan keluarga, namun kiranya masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan karena keadaan yang masih berada di era pandemi.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Bupati Lamongan mengajak masyarakat untuk tetap berhati-hati dan menjaga agar jangan sampai euforia Lebaran tahun ini akan berdampak buruk. Beliau juga mengungkapkan bahwa pemerintah daerah dan juga forkopimda Kabupaten Lamongan telah mempersiapkan datangan para pemudik dengan sebaik-baiknya, dengan tetap melaksanakan pelayanan khususnya pelayanan terkait administrasi kependudukan.

“Pemerintah daerah dan juga forkopimda sudah menyiapkan kedatangan untuk para pemudik ini sebaik-baiknya, kami sudah berbenah bahkan layanan layanan publik tetap kami buka, karena banyak sekali pemudik yang memanfaatkan waktu mudik untuk mengurus administrasi kependudukan. Untuk itu di Lamongan semuanya saya wajibkan di kecamatan-kecamatan dan Dukcapil untuk tetap buka melayani Masyarakat khususnya pemudik ini dalam mengurus administrasi kependudukannya,” terang Bupati Lamongan.

Ditambahkan Bupati Lamongan, dari jumlah kurang lebih 84 ribu penduduk Lamongan yang merantau diprediksi 30 hingga 35 ribu pemudik akan datang baik dari dalam maupun luar negeri. “Ya kita siapkan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here