Bupati Lamongan bersama jajaran forkopimda Kabupaten Lamongan menyambut kunjungan Ketua DPR RI Puan Maharani di Pasar Ikan Lamongan, Rabu (2/3). Kunjungan tersebut dalam rangka menyerap aspirasi untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat.

Mengunjungi pasar ikan Lamongan, Puan Maharani berinteraksi langsung dengan beberapa penjual dan pembeli. Beberapa aspirasi ditampung oleh Puan, diantaranya yakni keinginan masyarakat untuk mempunyai pasar yang lebih bersih, memiliki tenda/atap yang dapat melindungi penjual dan pembeli dari teriknya panas, memperoleh pupuk dengan mudah dan harga yang tidak mahal, serta memiliki cool storage (lemari pendingin) untuk menyimpan ikan ketika musim panen sehingga tidak terbuang dan membuat petani ikan merugi.

“Jadi permasalahan-permasalahan ini saya tampung, insyaallah akan saya cari solusinya. Saya datang ke sini untuk dengar langsung dari bapak-bapak dan ibu-ibu. Saya juga menyampaikan sedikit bantuan, semoga bantuan yang saya berikan ini bisa berguna,” ucap Puan.

Bupati Lamongan menyambut baik kunjungan dari DPR RI tersebut, dengan harapan seluruh aspirasi masyarakat yang dalam hal ini adalah penjual dan petani ikan di Pasar Lamongan dapat didengar untuk kemudian dicarikan solusinya.

“Saya berterimakasih atas kunjungan Ibu Ketua DPR RI Puan Maharani. Semoga apa yang telah diaduhkan masyarakat dapat didengan, ditampung, dan kemudian dicarikan solusinya, dengan demikian kami dapat mewujudkan apa yang menjadi harapan masyarakat, dan masyarakat menjadi sejahtera,” kata Bupati Lamongan.

Pasar Ikan Lamongan yang mulai didirikan tahun 1985 dan bertempat di Jalan Kusuma Bangsa No. 1 Kabupaten Lamongan ini memiliki luas kurang lebih 27.073 m2. Pasar tersebut memiliki jumlah lapak/los ikan sebanyak 363 dengan jumlah pedagang mencapai 180 orang (pengecer 80 orang dan suplayer 100 orang), dan memiliki volume penjualan kurang lebih 50 ton per hari.

Adapun jenis ikan yang diperjualbelikan di Pasar Ikan Lamongan yakni ikan tawar dan ikan laut. Jenis ikan tawar yang dominan diperjualbelikan diantaranya yakni bandeng, mujaer, udang, tombro, lele, yang berdasarkan data dari Perumda Pasar Lamongan mencapai volume penjualan 30,2 ton pada 1 Maret 2022. Sedangkan ikan laut yang disominasi oleh tongkol, cumi-cumi, kuniran, dan bawal mencapai volume penjualan 10,1 ton pada 1 Maret 2022.

Dalam kunjungan kerjanya, Ketua DPR RI juga menyerahkan secara simbolis 250 tiang penerangan jalan umum tenaga surya untuk nelayan dan warga, juga bantuan ambulan untuk Paguyuban Pedagang Pasar Ikan Lamongan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here