antor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Lamongan yang sebelumnya terletak di Jalan Kusuma Bangsa Tumenggungan Lamongan, hari ini Kamis (17/2) resmi berpindah ke Jalan Basuki Rahmat Sukomulyo Lamongan. Kantor baru Dispora yang dibangun sejak tahun 2020 ini telah selesai dan secara langsung diresmikan oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi didampingi oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Lamongan.

Diungkapkan Bupati Yes, peresmian ini dimaksudkan agar Dispora dalam fungsi-fungsinya dapat lebih maksimal dan lebih optimal lagi. Tidak hanya pelaksanaan fungsi yang lebih maksimal, dimilikinya kantor baru tersebut juga diharapkan mampu menggairahkan kembali seluruh cabang olahraga di Kabupaten Lamongan.


“Peresmian Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga dimaksudkan supaya Dispora ini bisa lebih maksimal lagi bisa lebih optimal lagi dalam menjalankan fungsi-fungsinya. Itu sebagaimana tadi yang saya sampaikan bahwa kita berkeinginan seluruh cabang olahraga di Lamongan ini bisa hidup, bisa bergairah, dan tentu bisa mendapatkan prestasi-prestasi yang kita harapkan tidak hanya bersifat regional saja, tetapi juga bisa bersifat nasional, bahkan internasional. Beberapa cabang-cabang yang sekarang sudah mendapatkan pembinaan, prestasi yang sudah baik ini juga akan kita tingkatkan,” terang Pak Yes.


Menurut Pak Yes, olahraga juga dapat dijadikan sebagai sebuah tools bagi daerah untuk sarana pemasaran maupun daya saing daerah yang lebih luas. Beliau menegaskan bahwa sesuai dengan program pemerintah daerah, diharapkan seluruh desa agar keseluruhannya memiliki fasilitas olahraga.


“Saya sampaikan bahwa sesuai dengan program kita pemerintah daerah, kita harapkan seluruh desa-desa ini mempunyai fasilitas olahraga, agar pemuda kita bisa mencurahkan aktivitasnya yang positif dengan lapangan olahraga, tentu dengan kemampuan desa yang bersangkutan  dan ketersediaan infrastruktur yang dimiliki,” harapnya.


Ditambahkan Pak Yes, bahwa olahraga menjadi bagian penting bagi pembangunan pemuda dan olahraga di daerah. “Nanti Dispora agar dengan kantor baru ini lebih semarak lagi menggairahkan kegiatan-kegiatan pemuda. Gandeng semua organisasi-organisasi kepemudaan sehingga semuanya lebih giat lagi, lebih semarak lagi, lebih berktifitas, yang akan meningkatkan kualitas dan semangat para pemuda  dalam menyongsong kedepannya, lebih adaptif lagi dengan perubahan zaman perubahan teknologi informasi yang tentu ini akan semakin cepat,” tambahnya.


Selain itu diungkapkan Kepala Dispora Kandam, bahwa pembangunan Kantor Dispora ini menelan biaya dari APBD kurang lebih 3,27 miliar rupiah. Menurutnya pembangunan gedung yang dekat dengan sarana prasarana olahraga di Kabupaten Lamongan ini dapat membentuk ekosistem yang kuat dalam mewujudkan visi misi Lamongan, utamanya di bidang olahraga.


“Pembangunan gedung ini sudah menyatu dengan program bupati, bahwa adanya ekosistem yang harus kita bentuk. Oleh karena itu pembangunan gedung mendekati sarana prasarana olahraga di Kabupaten Lamongan, di samping GOR Sport Center Lamongan,” ucap Kandam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here